Berat badan ternak pejantan mempengaruhi sperma

KECUKUPAN NUTRIEN MAKRO PADA SAPI PEJANTAN DI

Kecukupan unsur Ca ditunjukkan dengan kadar Ca darah yang normal. Lapisan dalam terbuat dari bahan seperti balon yang lembut, karena lapisan ini adalah tempat masuknya penis, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada penis. Sekresi testosteron berkaitan dengan pulse LH dimana terjadi sekresi testosteron setiap satu jam setelah terjadinya pulse LH.

Seleksi menyangkut kondisi fisik dan kesehatan, kemiringan vulva tidak terlalu keatas, mempunyai puting 4 buah, bentuk ambing relatif besar dengan bentuk yang simetris. Di dalam duktus ejakulatorius, cairan yang dihasilkan oleh vesikula seminaliskelenjar prostata dan bulbo uretra ditambahkan pada sperma sehinngga sperma dinamai dengan semen benihyang kemudian mengalir menuju ke uretra dan dikeluarkan ketika ejakulasi.

Leher yaitu untuk menghubungkan kepala dengan badan. Gambar 2. Bagian depan disebut acrosom memiliki enzim hydrolytic yang terdiri dari acrosin dan hyaluronidase yang dibutuhkan saat fertilisasi dan bagian belakang dinamakan sentriol.

Kadar ureum darah yang normal adalah mg, tetapi hal ini tergantung dari jumlah normal protein yang dikonsumsi dan fungsi hati dalam pembentukan ureum Listiaji, Permasalahan utama dari semen beku adalah rendahnya kualitas semen setelah di thawing yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada struktur, biokimia dan fungsional spermatozoa yang menyebabkan terjadi penurunan daya hidup, Kerusakan membran plasma, tudung akrosom, kegagalan transport dan fertilisasi.

Selain itu, keberhasilan IB juga dipengaruhi oleh reproduksi ternak betina dan keterampilan petugasnya, ketepatan dan pelaporan deteksi berahi, serta pemeliharaan ternak betina. Penurunan konsentrasi LH berhubungan dengan meningkatnya sekresi testosteron yang memberikan feedback negativ sehingga terjadi penghambatan sekresi LH.

Kecernaan Nutrien Kebutuhan ternak akan nutrien terdiri atas kebutuhan untuk hidup pokok, produksi, dan reproduksinya.

Penelitian ini didesain dengan menggunakan metode studi kasus dengan obyek sapi pejantan yang berada di BIB Lembang. Kadar P darah sangat sensitif terhadap kekurangan P dalam bahan pakan. Kadar P dan Mg dalam ransum yang tinggi apat menekan penyerapan Ca, sehingga kadar Ca dalam darah dapat menurun Danzier, ; Thompson, Inseminasi buatan sebagai teknologi merupakan suatu rangkaian proses yang terencana dan terprogram karena akan menyangkut kualitas genetik hewan di masa yang akan datang Kartasudjana, Selain trend penurunan populasi sapi di Sulawesi Selatan, penurunan kualitas genetik dan reproduksi juga terjadi.

Sedangkan faktor eksternal adalah suasana lingkungan, tempat penampungan, manajemen, para penampung, cuaca, saranan penampungan termasuk teaster dll. Sapi pejantan yang dievaluasi kecukupan pakannya terdiri atas beberapa bangsa, seperti: Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, baik dari segi bentuk maupun isinya, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritikan dari semua pihak yang sifatnya membangun.

Terbentuk oleh RNA yang terikat oeh protein.

Dengan model ini, sapi jantan yang biasanya hanya mampu mengawini 50 sampai 70 sapi betina per tahun, kini dapat mencapai 5 ribu sampai 10 ribu perkawinan per tahun.

Analisa Data Data yang diperoleh selanjutnya ditabulasikan dan diolah menggunakan program Microsoft Excel. Wolf et al. Data yang dipergunakan di dalam penelitian ini terdiri atas data sekunder dari tahun dan Metode Elektrojakulator Apabila penampungan semen tidak bisa dilakukan dengan metode vagina buatan dikarenakan ternak tidak cukup terlatih untuk ditampung, maka perlu dilakukan penampungan dengan menggunakan alat ini.

Sperma matang 4. Mengetahui Hormon yang berperan dalm proses pembentukan spermatozoa 5. Faktor penting yang mempengaruhi pubertas adalah bangsa breedasupan energi, pertambahan bobot badan, dan kelahiran musim.Berat dan ukuran testis ternak dipengaruhi oleh umur, bobot badan serta bangsa ternaknya (Toelihere, ).

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas semen adalah bobot badan. Menurut Susilawati, Suyadi, Nuryadi, Cited by: 1. Ø Plasmalogen, nama lainnya adalah lemak aldehydrogen yang terdapat pada bagian leher, badan, dan ekor sperma. Merupakan bahan yang dipakai sperma untuk respirasi endogen, jadi plasmalogen merupakn sumber energy endogen, yang akan dipergunakan apabila semua zat lain habis terpakai.

pejantan harus mempunyai informasi sebagai berikut: 1) kondisi dan berat badan sapi, 2) jenis dan komposisi makanan misalnya bahan kering, TDN, protein, dan sumber mineral. 4 Kebutuhan Bahan Kering Bahan kering (BK) adalah bahan yang terkandung di dalam pakan setelah dihilangkan airnya.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah populasi ternak sapi dari tahun yang hanya berjumlah ekor meningkat menjadi.

Sedangkan metode yang ketiga yakni Sexing Sperma atau pemisahan sperma X dan Y. Metode peningkatan populasi dengan menentukan jenis kelamin sapi yang akan dilahirkan. "Jadi mau pilih jantan atau betina tinggal disesuaikan, harusnya yang diperbanyak yang betina," ujarnya.

Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan IB ialah mutu semen beku. Selain itu, keberhasilan IB juga dipengaruhi oleh reproduksi ternak betina dan keterampilan petugasnya, ketepatan dan pelaporan deteksi berahi, serta pemeliharaan ternak betina.

Berat badan ternak pejantan mempengaruhi sperma
Rated 0/5 based on 79 review