Metabolisme pada hewan

Bagian pertama meliputi tahap reaksi enzim yang memerlukan ATP, yaitu tahap reaksi dari glukosa sampai dengan pembentukan fruktosa 6-fosfat. Pada tingkatan kisaran suhu yang melewati batas optimal bagi ikan perlu proses adaptasi yang besar, kalau adaptasi itu tidak berlangsung dengan baik otomatis kematian akan terjadi pada organism tersebut.

Siklus asam sitrat merupakan rangkaian reaksi yang menyebabkan katabolisme asetil KoA, dengan membebaskan sejumlah ekuivalen hidrogen yang pada oksidasi menyebabkan pelepasan dan penangkapan sebagaian besar energi yang tersedia dari bahan baker jaringan, dalam bentuk ATP.

Dalam proses metabolisme, enzim sangat diperlukan sebagai katalisator senyawa yang dapat mempercepat proses terjadinya reaksi tanpa habis reaksi. Meskipun fotosintesis dapat berlangsung dalam berbagai cara pada berbagai spesies, beberapa cirinya selalu sama.

Jalur yang dipakai dalam glukoneogenesis adalah modifikasi dan adaptasi dari jalur Embden-Meyerhof dan siklus asam sitrat. Proses anabolisme ini dinamakan glikogenesis.

Proses yang ter jadi dapat berupa pembentukan zat atau dapat pula berupa penguraian zat menjadi zat — zat yang lebih sederhana. Glikogen merupakan bentuk simpanan karbohidrat yang utama di dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan.

Hidrolisis pirofosfat inorganic berikutnya oleh enzim pirofosfatase inorganik akan menarik reaksi kea rah kanan persamaan reaksi 5. Sehingga dapat mencapai seluruh jaringan dan alat tubuh bagian dalam. Katabolisme adalah membebaskan energy dengan cara merombak molekul-molekul kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana.

Reaksi ini dikatalisir oleh enzim UDPGlc pirofosforilase. Makhluk multiseluler, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tersusun atas jutaan sel. Bagian ujung trakeolus terdapat cairan sehingga udara mudah berdifusi ke jaringan Johnson, Trakeolus mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler.

Ko-A mengandung vitamin asam pantotenat.

Dengan demikian untuk mengubah satu molekul piruvat menjadi fosfoenolpiruvat diperlukan energi sebanyak satu ATP plus satu GTP dan melibatkan paling sedikit empat macam enzim. Suatu penyakit yang dapat diturunkan menyebabkan galaktosemia, mungkin terjadi akibat kekurangan enzim-enzim pada reaksi 12 dan 3.

Demikian pula enzim yang berperan dalam kedua jalur tersebut juga berbeda. Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya, dan sintesis yang berarti menyusun. Dalam hal ini sejumlah ekuivalen pereduksi akan dipindahkan ke rantai respirasi dalam membrane interna mitokondria lihat kembali gambar tentang siklus ini.

Nyalakan stopwatch dan amati volume eosin yang bergerak pada 3 menit pertama, kedua dan ketiga serta catat hasilnya 3. Reaksi tersebut dihambat oleh fluoroasetat yang dalam bentuk fluoroasetil KoA mengadakan kondensasi dengan oksaloasetat untuk membentuk fluorositrat.

Fotosintesis Alat yang digunakan dalam percobaan fotosintesis yaitu beaker glass gelas kimia ml, corong kaca,tabung reaksi dan kawat penyangga.

Hal ini dapat memperlihatkan bahwa adanya cahaya ternyata berpengaruh besar dalam reaksi fotosintesis seperti yang sudah dibahas dalam tinjauan pustaka bahwa reaksi fotosintesis memerlukan cahaya.

Laju metabolisme dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk umur, jenis kelamin, status reproduksi, makanan dalam usus, stress fisiologis, aktivitas, musim, ukuran tubuh dan temperature lingkungan. Hasil-hasil anabolisme berguna dalam fungsi yang esensial. Selanjutnya, dengan fosfoglukomutase, glukosa 6-fosfat mengalami reaksi isomerasi menjadi glukosa 1-fosfat.

Fotosintesis a. Alat pernafasan serangga yang hidup di darat berbeda dengan yang hidup di air. Dalam hal ini UDP-glukosa abereaksi dengan fruktosa 6-fosfat, dikatalis oleh sukrosa fosfat sintase, membentuk sukrosa 6-fosfat yang kemudian dengan enzim sukrosa fosfatase dihidrolisis menjadi sukrosa.

Glukosa mengalami fosforilasi menjadi glukosa 6-fosfat reaksi yang lazim terjadi juga pada lintasan glikolisis.

Kadar glukosa dalam darah diatur oleh beberapa hormon. Suhu yang tinggi akan menyebabkan aktivitas molekul-molekul semakin tinggi karena energi kinetiknya makin besar dan kemungkinan terjadinya tumbukan antara molekul satu dengan molekul lain semakin besar pula.Pada hewan memamah biak, asam propionat merupakan bahan utama untuk glukoneogenesis.

Jalur yang dipakai dalam glukoneogenesis adalah modifikasi dan adaptasi dari jalur Embden-Meyerhof dan siklus asam sitrat.

Hasil akhir proses ini terbentuknya 32 ATP dan H2O sebagai hasil sampingan respirasi. Produk sampingan respirasi tersebut pada akhirnya dibuang ke luar tubuh, pada tumbuhan melalui stomata dan melalui paru-paru pada pernapasan hewan tingkat tinggi (Campbell, ).

Proses Metabolisme pada Tumbuhan (Fisiologis Tumbuhan)

· Metabolisme merupakan modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel. Metabolisme mencakup sintesis (anabolisme) dan. Metabolisme adalah segala proses resksi kimia yang terjadi di dalam mahluk hidup mulai mulai dari mahluk bersel satu yang sangat sederhana seperti bakteri, protozoa, jamur, tumbuhan, hewan, sampai kepada manusia, mahluk yang susunan tubuhnya sangat kompleks.

Di dalam proses ini mahluk hidup mendapat, mengubah, dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan.

METABOLISME (Laporan Praktikum Biologi Umum) Oleh Yuni Prisnalia Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung Halaman Pengesahan Judul Pengesahan.

METABOLISME HEWAN. BAB 1 PENDAHULUAN Latar Belakang Metabolisme sel adalah proses-proses pengubahan biokamis yang terjadi di dalam sel dan dapat di bedakan menjadi anabolisme atau penyusunan dan katabolisme atau penguraian.

Metabolisme pada hewan
Rated 5/5 based on 4 review